Gubernur Sulsel Lepas Wasana Praja Kampus IPDN Makassar

(Makassar 19 Agustus 2011) Kebijakan KSK (Kumpul-Sebar-Kumpul) pada sistem pendidikan IPDN dimana pada tingkat 1 (semester 1) yaitu masa basis seluruh praja baru studi di kampus IPDN Jatinangor, selanjutnya disebar ke kampus IPDN di daerah.  Setelah peserta didik (praja) naik ketingkat akhir (wasana praja) kembali studi dilanjutkan di kampus IPDN Jatinangor. Berkenaan dengan hal tersebut, sebayak 98 wasana praja IPDN kampus Makassar yang akan  merampungkan pendidikan,  akan menjalani pendidikan lanjutan di IPDN Jatinangor, Jawa Barat selama setahun. Mereka akan menamatkan pendidikan untuk mendapatkan predikat Diploma IV atau sebagian akan diberi kesempatan beralih prodi ke program S1 (sarjana)  di kampus IPDN Cilandak.
Pada kesempatan pelepasan wasana praja tersebut, dilaksanakan melalui upacara pelepasan yang dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo yang bertindak sebagi Inspektur Upacara,  yang bertajuk “Perekat dan Sambung Generasi Praja IPDN Kampus Makassar dan Gubernur Sulsel”, di Kampus IPDN Makassar, Jumat, 19 Agustus. Hadir pada acara tersebut Direktur IPDN Makassar, Prof. Dr Murtir Jeddawi SH MH, beserta jajaran pengelola IPDN Kampus Makassar.  Hadir pula pejabat yang mendampingi Gubernur Sulsel Kepala BKD Provinsi Sulsel, Kabandiklat Prov. Sulsel dan Kepala Kesbangpol Prov. Sulsel.
 
Prosesi pelepasan diawali dengan parade peserta upacara memasuki lapangan upacara di halaman depan Kampus IPDN Kampus Makassar. Upacara berlangsung khidmat, selanjutnya disampaikan amanat dari inspektur upacara.  Gubernur dalam amanatnya berpesan kepada wasana praja yang akan melanjutkan pendidikan di kampus IPDN Jatinangor atau ke Kampus IPDN Cilandak, bahwa yang harus dimiliki oleh kader pamong antara lain agama yang kuat, karakter yang kuat dan budaya bugis makassar yang selama 2 tahun lebih telah dikenali dan mewarnai kehidupan praja dapat menjadikan karakter positif dalam menjalani sisa studi dan praktek di bidang pekerjaan selanjutnya.  Karakter positif tersebut antara lain berani mengatakan yang benar dan tegas dalam bertindak, harus cepat tanggap dan tidak loyo.  Alumni IPDN harus selalu tanggap, lincah dan bertindak cepat.  Etika yang harus dipegang juga yaitu menghormati yang lebih tua dan myanyangi yang lebih muda, tegasnya.
 
Selesai pelaksanaan prosesi upacara pelepasan wasana praja dilanjutkan dengan silaturahmi dengan civitas akademika IPDN Kampus Makassar khususnya bagi wasana praja yang dilepas dan akan melanjutkan studi ke kampus IPDN Jatinangor dan IPDN Kampus Cilandak.  Silaturahmi berlangsung dalam suasana yang penuh dengan keakraban dan keharuan.  Wasana praja berpamitan kepada segenap pengelola IPDN Kampus Makassar yang selama 2 tahun lebih menempa dan mendidik mereka.
 
Selamat kembali ke kampus IPDN Jatinangor di lembah Manglayang bagi wasana praja, semoga masa-masa pendidikan di IPDN Kampus Makassar menjadi modal di dalam melanjutkan studi dan menghadapi tantangan ke depan.
 
Sumber : Bagian keprajaan IPDN Kampus Makassar
Last Update : Admin (2011-08-22, 07:29:21)

About the author: admin

Has one comment to “Gubernur Sulsel Lepas Wasana Praja Kampus IPDN Makassar”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. generic levitra - January 16, 2012 at 2:24 pm Reply

    Hey people! Nice website! Do you know more blogs on this topic?

Leave a Reply

Your email address will not be published.